RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester
: X
/ Ganjil
Materi
Pokok : Hakikat
Fisika dan Prosedur Ilmiah
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan
perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di
laboratorium
|
· Mengamati tentang
fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mengamati tentang
hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mengamati tentang
prosedur ilmiah,
· Mengamati tentang
keselamatan kerja di laboratorium
· Mengamati tentang
prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
· Mendiskusikantentang
fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan
tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
· Mendiskusikan
tentangprosedur ilmiah
· Mendiskusikan
tentangkeselamatan kerja di laboratorium
· Mendiskusikan
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di
laboratorium
· MenyimpulkantentangfenomenaFisikadalamkehidupansehari-hari
· Menyimpulkan
tentang ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain
· Menyimpulkan
tentang prosedur ilmiah
· Menyimpulkan
tentang keselamatan kerja di laboratorium
· Menyimpulkantentangprosedurilmiahdalamhubungannyadengankeselamatankerja
di laboratorium
|
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan
keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
|
· MempresentasikantentangpemanfaatanFisikadalamkehidupansehari-hari,
metodeilmiahdankeselamatankerjaketikamelakukankegiatanpengukuranbesaran
Fisika
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mengamati
tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengamati
tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
·
Mengamati
tentang prosedur ilmiah,
·
Mengamati
tentang keselamatan kerja di laboratorium
·
Mengamati
tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
·
Mendiskusikantentang
fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendiskusikan
tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
Terima kasih, Semoga Bermanfaat !
0 komentar:
Post a Comment