Find us Here

Pengertian pelanggan

Dalam pengerian sehari-hari pelanggan adalah orang - orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa secara terus menerus. pelanggan atau pemakai suatu produk adalah orang - orang yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan-perusahaan bisnis. 



sedangkan Yamit (20004:75), (dalam Kholilurrahman, 2007, hal.21-22) berpendapat bahwa pelanggan adalah orang yang membeli dan menggunakan produk. dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan.

adapun Giffin menyatakan bahwa constumer (pelanggan) memberkan pandanan mendalam yang penting untuk memahmi mengapa perusahaan harus menciptakan  dan memelihara pelangga dan bukan hanya menarik pembeli. defiisi itu berasal daru costum yang didefinisikan sebagai "membuat sesuatu menjadi kebiasaan atau biasa dan mempraktikkan kebiasaan".

pelanggan (costumer) berbeda dengan konsumen (consumer) yaitu sesorang dapat dikatakan sebagai pelanggan apabila orang tersebut mulai membiasakan diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. kebiasaan tersebut dapat membangun melalui pembelian berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu, apabila dalam jangka waktu tertentu tidak melakukan pembelian ulang, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai pelanggan tetapi sebagai pembeli atau konsumen (Musanto, 2004).

Definisi menurut para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pelanggan adalah seseirang yang membeli, menggunakan dan membiasakan untuk melakukan pembelian secara berkalan dalam jangka waktu tertentu.


Blog, Updated at: 2:50:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Flag Counter
“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

FOLLOW DAPATKAN UPDATE

Download Lainnya

close