A.FILSAFAT SEJARAH DALAM PANDANGAN
1.Biografi Giambattista Vico
Pada tahun 1699, ia menjadi profesor retorika di Universitas Naples, posisi yang dipegangnya sampai pada tahun 1741. Pada 1709, Vico menerbitkan karya besarnya yang pertama On the Study Methods of Our Time yang merupakan pertahanan pendidikan humanistik. Hal ini diikuti tahun 1710 dengan karyanya pada metafisika: On the Ancient Wisdom of the Italians Unearthed From the Origins of the Latin Language. Hal tersebut bermasud untuk menjadi bagian pertama dari trilogy, termasuk bagian tentang fisik dan bagian tentang filsafat moral. Namun, ia tidak pernah menyelesaikan bagian yang tersisa. Selama periode tersebut, Vico mengakui ada empat penulis yang memberinya pengaruh paling penting, yaitu: Plato, Tacitus, Grotius dan Bacon.
Pekerjaan Vico sebagai profesor retorika terutama untuk mempersiapkan siswa untuk sekolah hukum, namun, dia ingin dipromosikan ke posisi profesor hukum. Untuk mencapai tujuan tersebut, ia menerbitkan karyanya terpanjang, dalam tiga jilid, pada tahun 1720-1722, umumnya disebut sebagai Hukum Universal (Il Diritto Universale). Namun, karena keadaan politik, ia kalah dalam perebutan posisi tersebut, walaupun memiliki keunggulan dalam kompetisi debat untuk posisi profesor hukum. Vico kemudian berhenti mengejar posisi profesor hukum dan mendedikasikan dirinya untuk memberi penjelasan filosofi sendiri.
Untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, ia mulai menulis dalam bahasa Italia bukan Latin. Pada 1725 ia menerbitkan edisi pertama dari karya besar, New Science, namun Vico sebenarnya tidak puas dengan karyanya tersebut, dan pada tahun 1730 menerbitkan edisi kedua yang sangat berbeda. Dia terus merevisi teks sepanjang tahun kemudian, dan variasi yang diterbitkan pada tahun 1744 dianggap sebagai karyanya yang utama.
Vico mengirim salinan karya-karyanya untuk pemikir berpengaruh di bagian lain Eropa, dan membuat dampak besar di Venesia. Pada tahun 1725, Vico dihubungi oleh jurnal Venesia yang akan menerbitkan serangkaian esai yang ditulis oleh para sarjana tentang kehidupan mereka; ia adalah orang pertama dan satu-satunya penyumbang tulisan. Dia perbarui esainya beberapa kali dan diterbitkan sebagai autobiografinya. Vico memiliki pengaruh politik di tahun-tahun berikutnya. Pada 1734 Naples direbut kembali oleh Spanyol dari Austria yang telah memerintah dari 1704. Raja muda baru menobatkan Vico sebagai penulis sejarah Naples. Karena faktor kesehatan, anaknya yang bernama Gennaro mengambil alih posisi profesor retorika pada 1741 dan Giambattista Vico meninggal pada 1744.
2.Pandangan dan Pemikiran Filsafat Sejarah Spekulatif
Filsafat sejarah melukiskan optimisme pencerahan, bahwa sejarah secara linear menghasilkan kemajuan-kemajuan bagi kesejahteraan umat manusia, dan emansipasi manusia dari segala bentuk kebodohan dan takhayul. Asumsi dasarnya adalah kemajuan ilmiah dan teknis mengakibatkan kemajuan moral.
Filsafat sejarah spekulatif merupakan suatu perenungan filsafati, mengenai tabiat atau sifat-sifat proses sejarah, dalam sistem spekulatif ada sifat metafisis. Ciri khas sebuah pernyataan metafisis ialah tidak dapat diketahui bahwa pernyataan itu tidak benar, sekalipun sepintas kilas kelihatan tidak masuk akal. Menurut Ankersmit, umumnya terdapat tiga hal yang menjadi kajian filsafat sejarah spekulatif, yaitu pola gerak sejarah, motor yang menggerakkan proses sejarah, dan tujuan gerak sejarah.
Dalam pengungkapan mengenai masa silam cara kerja seorang filsuf sejarah spekulatif berbeda dengan cara kerja peneliti sejarah biasa. Apa yang ditemukan diungkapkan oleh peneliti sejarah biasa, bagi filsuf sejarah spekulatif merupakan titik permulaan. Bila seorang filsuf sejarah spekulatif sudah memaklumi bagaimana proses sejarah terjadi, di mana biasanya seorang peneliti peneliti sejarah biasa berhenti, maka ia ingin menemukan suatu arti atau kecenderungan lebih dalam di proses itu.
Filsafat sejarah spekulatif mungkin memenuhi suatu kebutuhan psikologis yang ada dalam kita semua. Sering kita tidak puas dengan sebuah penerapan dan penjelasan mengenai proses sejarah, seperti yang terjadi atau mengenai bagian-bagiannya; kita juga ingin memberikan suatu arti kepada masa silam itu, sehingga perbuatan dan penderitaan manusia pada masa silam memperoleh suatu makna. Secara otomatis kita enggan menerima gagasan, bahwa sejarah tidak memiliki arti maupun tujuan, sehingga usaha dan penderitaan manusia praktis sia-sia saja. Maka dari itu, seketika kita merasa bersimpati kepada sasaran filsafat sejarah spekulatif yang mengatasi bidang terbatas seorang peneliti sejarah biasa. Akan tetapi, seperti masih akan kita lihat, simpati ini kurang memberi legitimasi kepada daya upaya filsafat sejarah spekulatif.
Giambattista Vico sering dikaitkan dengan filsafat sejarah. Ia adalah orang pertama yang menganggap serius kemungkinan bahwa orang-orang memiliki skema yang berbeda secara fundamental dari pemikiran di era sejarah yang berbeda. Dengan demikian, Vico menjadi yang pertama untuk memetakan perjalanan sejarah yang bergantung pada struktur pemikiran berubah dari waktu ke waktu.
Untuk menggambarkan perbedaan antara pemikiran modern dan pemikiran kuno, Vico mengembangkan teori yang luar biasa dari imajinasi. Teori ini menyebabkan mitos berdasarkan ritual dan imitasi yang akan menyerupai beberapa teori antropologi abad kedua puluh. Ia juga mengembangkan lembaga manusia yang kontras tajam dengan sezamannya dalam teori kontrak sosial. Pemikiran Vico berpusat pada perjuangan kelas yang mendahului diskusi abad kesembilan belas dan kedua puluh.
Vico tidak mencapai ketenaran banyak selama hidupnya atau setelah wafatnya. Namun demikian, berbagai pemikir penting dipengaruhi oleh tulisan-tulisan Vico. Beberapa nama yang lebih terkenal dalam daftar ini adalah Johann Gottfried von Herder, Karl Marx, Samuel Taylor Coleridge, James Joyce, Benedetto Croce, RG Collingwood dan Max Horkheimer. Referensi untuk karya Vico dapat ditemukan dalam tulisan-tulisan yang lebih kontemporer Jürgen Habermas, Hans-Georg Gadamer, Alasdair MacIntyre dan banyak lainnya. Jenis filsafat yang dikembangkan oleh Giambattista Vico ini juga disebut juga filsafat fenomenologi yang selain ditekuni oleh Vico juga oleh Edmund Husserl.
3.Filsafat Sejarah dalam Pandangan Giambattista Vico
Giambattista Vico seorang filosof sejarah dan sosial yang hidup di Italia, pada akhir abad ke-17, dan permulaan abad ke-18. Nama filosof sejarah Italia Giambattista Vico (1668-1744) memang jarang dikenal, padahal jasanya begitu besar terutama dalam teorinya tentang gerak sejarah ibarat daur cultural spiral yang dimuat dalam karyanya The New Science (1723) yang telah diterjemahkan Down tahun 1961. Atau mungkin karena teorinya yang sering diidentikkan dengan teori siklus. Secara makro, pokok-pokok pikiran Vico yang tertuang dalam teori daur spiralnya dalam The New Science tersebut sebagai berikut:
a.Perjalanan sejarah bukanlah seperti roda yang berputar mengitari dirinya sendiri, sehingga memungkinkan seorang filosof meramalkan terjadinya hal yang sama pada masa depan.
b.Sejarah berputar dalam gerakan spiral yang mendaki dan selalu memperbaharui diri, seperti gerakan pendaki gunung yang mendakinya melalui jalan melingkar ke atas, di mana setiap lingkaran selanjutnya lebih tinggi dari lingkaran sebelumnya, sehingga ufuknya pun semakin luas dan jauh.
c.Masyarakat manusia bergerak melalui fase-fase perkembangan tertentu dan terjalin erat dengan kemanusiaan yang dicirikan oleh gerak kemajuan dalam tiga fase yaitu; fase telogis, fase herois, dan fase humanistis.
d.Ide kemajuan adalah substansial, meski tidak melalui satu perjalanan lurus ke depan, tetapi bergerak dalam lingkaran-lingkaran histories yang satu sama lain saling berpengaruh. Dalam setiap lingkaran pola-pola budaya yang berkembang dalam masyarakat, baik agama, politik, seni, sastera, hukum, dan filsafat saling terjalin secara organis dan internal, sehingga masing-masing lingkaran itu memiliki corak cultural khususnya yang merembes ke dalam berbagai rung lingkup kulturalnya.
Vico mempercayai adanya kemajuan, tetapi setelah sampai pada puncaknya, sejarah berulang lagi. Karena itu teorinya merupakan gabungan antara pandangan sejarah linier dengan cyclus. Vico membuat babakan sejarah sangat terkait dengan mentalitas, yaitu mengaitkan sejarah dengan psikologi, dalam karyanya La Scienza Nouva,ia berupaya menyimpulkan bahwa masyarakat manusia melalui beberapa fase yaitu: kanak-kanak, remaja, dan Rasionalisme yang tidak berdaya. Sebab “di antara watak manusia ialah timbulnya gejala-gejala itu di bawah kondisi-kondisi tertentu dan sesuai dengan sistem-sistem tertentu. Jadi setiap kali kondisi-kondisi itu terpenuhi, maka gejala-gejala tersebutpun pun akan timbul.”
Selain itu Vico juga berpendapat bahwa masyarakat-masyarak manusia melalui berbagai lingkaran cultural. Ciri yang mewarnai teori Vico tentang sejarah ialah keyakinannya bahwa berbagai aspek kebudayaan suatu masyarakat, dalam fase mana pun dari sejarahnya membentuk pola-pola sama yang saling berkaitan satu sama lainnya secara substansial dan esensial. Jadi, apabila dalam suatu masyarakat berkembang suatu aliran seni atau keagamaan tertentu, maka berkembang pula bersamanya pola-pola tertentu dari sistem-sistem politik, ekonomi, hukum, pikiran dan sebagainya. Teori Vico ini mempunyai dampak yang jelas terhadap banyak filosof sejarah setelahnya, seperti Herder, Hegel, dan Karl Marx, semuanya menurut caranya masing-masing.
Aliran Vico tentang daur kebudayaan ini sendiri ditegakkan di atas hubungan internal di antara berbagai pola budaya yang berkembang dalam masyarakat. Sebab ia menjadikan daur-daur kulturalnya satu sama lainnya saling melimpahi dan selalu memiliki perulangan. Tetapi perulangan itu tidak selalu berarti bahwa sejarah mengulang dirinya sendiri. Sebab perjalanan sejarah bukanlah roda yang berputar mengitari dirinya sendiri sehingga memungkinkan seorang filosof meramalkan terjadinya hal yang sama pada masa depan . Sedang menurut Vico, sejarah berputar dalam gerakan spiral yang mendaki dan selalu memperbaharui diri, seperti gerakan pendaki gunung yang mendakinya dengan melalui jalan melingkar ke atas di mana setiap lingkaran selanjutnya lebih tinggi dari lingkaran sebelumnya, sehingga ufuknya pun semakin luas dan jauh.
Mungkin pembaharuan diri terus-menerus dari gerak sejarah inilah yang menjadi ciri teori Vico, yang membedakannya dari teori-teori tentang daur kultural sejarah sebelumnya. Teori ini sendiri konsisten dengan suatu metode yang tegar tentang gerak ulang sejarah, yang melempangkan jalan untuk berpendapat tentang mungkin dilakukannya peramalan dalam kajian sejarah dan sulit menerima ide kemajuan seperti menurut Plato dan Machiavelli. Masyarakat-masyarakat manusia menurut Vico, dengan demikian, bergerak melalui fase-fase perkembangan tertentu yang berakhir dengan kemunduran atau barbarisme dan selanjutnya memulainya lagidari fase yang awal dan begitu seterusnya.
Dengan demikian lingkaran-lingkaran sejarah, menurut Vico, dalam pendakian yang terus menerus terjalin erat dengan kemanusiaan. Dalam wawasan historis Vico, ide kemajuan adalah substansial, meski kemajuan ini sendiri tidak meallui satu perjalanan lurus ke depan tapi bergerak dalam lingkaran-lingkaran historis yang satu sama lainnya saling melimpahi. Dalam setiap lingkaran, pola-pola budaya yang berkembang dalam masyarakat, baik agama,politik, seni, sastera, hukum, dan filsafat saling terjalin secara organis dan internal,sehingga masing-masing lingkaran itu memiliki corak kultural khususnya yang mengalir ke dalam berbagai ruang lingkup kulturalnya.Atas dasar itu Vico membagi sejarah kemanusiaan menjadi tiga fase yang berkesinambungan, yaitu fase teologis, fase herois dan fase humanistis. Fase yang terkemudian, menurut Vico, adalah lebih tinggi ketimbang fase sebelumnya, daur kultural sempurna dengan fase ketiganya dengan lebih tinggi dibanding daur sebelumnya Adapun fase pertama oleh Vico disebut dengan masa ketuhanan.
Masa ini bermula pada waktu suatu bangsa mulai meninggalkan secara bertahap kehidupan primitive sebelumnya, untuk masuk pada masa ketuhanan. Masa ini sendiri diwarnai dengan berkembangnya berbagai khurafat dan rasa takut terhadap fenomena-fenomena alamyang dipandang sebagai teofani kehendak Ilahi, baik yang menunjukkan kemarahan-Nyata keridhaan-Nya. Selain itu masa ini juga didominasi oleh ide ruh baik dan ruh jahat yang menentukan nasib manusia. Lebih jauh lagi masa ini adalah masa mitologi animistis yang dikendalikan oleh kekuasaan-kekuasaan kependetaan yang menyatakan bahwa hak-haknya dalam melaksanakan apa yang dipandangnya sebagai hukum didasarkan pada kehendak tertinggi Ilahi.
Dengan demikian, dalam periode kehidupan masyarakat pada fase ini, pembangkitan rasa takut akan amarah Tuhan yang terefleksikan dalam kemarahan alam merupakan sarana satu-satunya untuk mengendalikan perlawanan individu-individu dan melaksanakan hukum. Demikianlah ciri-ciri umum masa ketuhanan seperti yang dideskripsikan Vico. Dengan terjadinya perkembangan secara bertahap, masyarakat pun masuk suatu masa baru yang disebut dengan masa para pahlawan. Fase ini bermula pada waktu masyarakat masa ketuhanan bersatu dan masuk pada kesatuan yang lebih besar guna menghadapi bahaya luar atau disintegrasi internal. Pada fase ini watak manusia begitu didominasi cinta kepada kepahlawanan dan pemujaan kekuatan, agama,sastera, dan filsafat mengambil corak mitologis khusus. Sementara kekuasaan pada masaini telah beralih dari tangan para pendeta dan tokoh agama ke tangan panglima perangdan ksatria. Dalam kondisi yang demikian kekuatan menjadi hukum yang berlaku dan kekuatan bersenjata yang menentukan kebenaran. Kondisi yang demikian ini eratkaitannya dengan sistem aristokratis yang didasarkan pada pemisah penuh antara hak-hak tuan dan hak-hak budak.
Pada waktu masyarakat awam, sebagai warga negara,memperoleh hak-hak mereka, masyarakat. pun mulai masuk fase ketiga, yaitu fasehumanistis. Masa ini diwarnai dengan demokrasi, pengakuan kesamaan manusia, dan keruntuhan sistem otoriter. Ia adalah masa rasional yang mempercayai manusia dan berupaya untuk menguasai alam di mana fenomena-fenomenanya kini lagi dipandang erat kaitannya dengan amarah dan keridhaan Tuhan.
Namun dalam masa ini, menurut Vico, terkandung benih keruntuhan dan kehancuran. Sebab demokrasi dan pernyataan persamaan anggota-anggota masyarakat segera akan mendorong rakyat awam mempunyai sikap yang ekstrem dalam menuntut hak-hak mereka yang secara bertahap kemudian mereka peroleh. Tapi ini membuat semakin meningkatnya konflik antara kelas masyarakat, bukannya meredakannya, sehingga melemahkan hubungan-hubungan tradisional antara kelas-kelas itu dan membangkitkankeraguan terhadap sebagian nilai-nilai tradisional yang diterima tradisi-tradisi sosial yangdiakui. Akibatnya adalah terjadi disintegrasi dan kerusuhan yang merupakan pertanda berakhiriya daur kebudayaan seluruhnya.
Apabila suatu masyarakat telah memasuki kondisi disintegrasi yang demikian ini, sulitlah untuk melakukan perbaikan internal dan tidak ada yang tinggal kecuali ekspansi asing dari luar atau disintegrasi sosial total dari dalam, di mana setelahnya masyarakat kembali pada kehidupan barbar guna memulai daur kultural yang baru. Setelah itu dengan melalui pola yang sama dengan secara bertahap masyarakat itu pun beranjak dari masa ketuhanan ke dalam masa para pahlawan dan kemudian masa humanistis yang membuatnya kembali pada ke hidupan barbar lagi. Kondisi yang demikian ini berlaku terus-menerus.
0 komentar:
Post a Comment