Find us Here

Membuat Label Cover CD/DVD dengan MIicrosoft Word


Dalam catatan tutorial ini saya akan membagikan pengetahuan berkenaan dengan membuat label CD/DVD. biasanya kita dituntut untuk bisa mengoperasikan software Desain Grafis tentunya, akan tetapi dalam catatan ini kita akan membuat label CD/DVD dengan menggunakan Microsoft Word. Bagaimana membuat label CD/DVD dengan Microsoft Word 2010, Ikuti beberapa step (langkah) berikut ini:


1.   Buka Office 2010 dan pilihlah Microsoft Word 2010, maka akan muncul tampilan lembar kerja yang kosong sebagai berikut:

2.      Kemudian arahkan kursor pada Flag Microsoft Word 2010 yang tepat berada di atas sebelah kiri anda dan pilih New yang berada pada urutan ke 5 dari opsi yang ditawarkan.

3.      Step selanjutnya klik pada New maka akan muncul perintah sebagai berikut:


4.      Untuk memilih template CD / DVD Label maka anda perlu menghubungkan koneksi internet pada perangkat (laptop/computer) anda. Kalau saja templatenya sudah terdownload anda hanya tinggal memilih templet CD/DVD, maka secara otomatis akan ter-insert ke dalam lembaran kerja Microsoft word 2010 anda.


5.    Sebelumnya, templet yang sudah ada pada lembaran kerja perlu editan sesuai dengan label CD/DVD anda, maka anda harus mengedit sesuai dengan isi CD/DVD anda.



6.      Kalau sudah siap di-edit maka anda perlu menyeting margin dan ukuran kertas, hal ini untuk menyesuaikan dengan kertas label yang dijual di pasaran.

7.    Dalam penyetingan margin lembar kerja saya memilih untuk mengambil lembar kerja baru, karena untuk menghindari label CD/DVD yang telah diedit rusak/lari dari laman kerja dan perlu anda me-minimize-kan lembar template yang sudah di-edit, setelah lembar kerja baru keluar maka perlu setingan.



8.      Untuk me-nyeting  margin maka ikuti step dengan memilih page layout, dan arahkan kursor pada page set up, maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini:


9.      Berdasarkan pengalaman, saya telah mencoba untuk menyeting marginnya dengan opsi top: 0,5 cm, bottom:0,5 cm, left: 0,5 cm dan right : 0,5 cm. kemudian arahkan kursor anda ke page, dan pilihlah with:12.4 cm dan Height: 25.5 cm. lebih  tepatnya sebagai berikut ini:



10.  Bila opsi tersebut telah dilakukan maka tinggal klik OK, maka akan muncul laman kerja anda sebagai berikut ini:


11.  Kemudian laman kerja yang sudah anda minimize-kan tadi, anda perlu meg-copy label CD/DVD anda yang sesuai dengan keinginan anda, dan kemudian anda paste-kan pada lembar kerja yang sudah anda seting. Kemudian anda hanya menyesuaikan dengan margin yang telah disetting. Seperti tampilan contoh berikut ini:


12.  Maka pembuatan label CD/DVD anda sudah siap kalau mau dicetak dan jangan lupa sebelum dicetak anda perlu melihat kemungkinan ada yang terlupakan dari isi label yang anda buat.

13.  Selamat mencoba[].

Referensi:
1.      Copy Screen Microsoft Office 2010 / Microsoft Word 2010




Blog, Updated at: 8:14:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Flag Counter
“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

FOLLOW DAPATKAN UPDATE

Download Lainnya

close