Find us Here

Sudahkan bershalawat untuk Rasulullah saw hari ini?

Beberapa hari yang lalu saya diajak ngopi bersama dengan kawan se-kampus, berbetulan kedai kopi yang kami singgah memiliki koneksi wifi gratis. fasilitas yang kami bawa pun sangat mendukung untuk berselancar dengan dunia maya tersebut. sembari menikmati kopi kami sama-sama browsing, youtubing, googling dan internetan pastinya. tentu saja kami memiliki keinginan yang berbeda mencari sesuatu yang unik di intenet. sesaat kami brosing kawan saya menunjukkan video yang ia dapatkan dari youtube. salah satu channel Televisi Arab yang menyiarkan siaran road show. 


Siaran televisi di Video kalau enggak salah "Lau Kana Bainanal Habib" namun videonya berbahasa Arab namun saya tidak khawatir kawan saya jago berbahasa arab mengapa tidak ia udah pernah merantau ke Negeri Arab tentu saja sangat membantu untuk memahami isi video tersebut. video itu terus kami tonton. nah. alkisah dari video ini adalah seorang presenter keliling di lingkungan kampus, cafee, taman dan lain-lain hanya menanyakan dan mendapatkan reaksi orang setempat tentang Rasulullah. Pertanya yang diajukan sebagai berikut: 

"Jikalau Rasulullah saw hadir di depan anda saat ini, apakah yang hendak anda katakan kepada Rasulullah saw????

Dari video itu terlihat ketika si presenter bertanya bermacam reaksi masyarakat arab dalam menanggapi pertanyaan presenter, terlihat masyarakat bersujud dan senantiasa bershalawat, dan tidak segan-segan menangis hanya dengan mendengar khabar "jikalau" tersebut dari presenter. dan adapula sampai-sampai tidak ada kata-kata yang bisa diucapkan mendengarkan pertanyaan tersebut dari presenter yang hanya bisa menangisi akan kerinduaan mereka terhadap Rasulullah saw.
Video tersebut sangat banyak pelajaran yang dapat kita ambil, Rasulullah saw sebagai tokoh yang utama bagi umat islam, lantas mengapa mereka menangis mendengarkan pertanyaan itu, tangisan tersedu-sedu itu membuktikan bahwa kecintaan mereka luar biasa terhadap Rasulullah saw. apabila pertanyaan yang sama kita ajukan kepada diri kita "Bagaimanakah reaksi kita??? adakah kita memiliki rasa empatik yang mendalam sebagaimana mereka lakukan????
saya berani menjawab, Tidak...!! 

Sebenarnya, rasa empatik setiap orang berbeda-beda, namun bagaimana menunjukkan bahwa kita mencintai Rasulullah saw?? salah satunya adalah melalui shalawat kepada Nabi Muhammad saw. "shallu 'ala Nabi" ini hal yang paling kecil yang mesti kita lakukan bahwa senantiasa kita mencintai Rasulullah saw. pertanyaannya "berapa kalikah anda bershalawat kepada Nabi hari ini? Adakah anda bershalawat kepadanya???

Sebagai catatan bahwa jika kita tidak pernah bershalawat kepada Nabi saw bagaimana mungkin kita berani mengaku bahwa kita sebagai umatnya? penting sekali, kita menanyakan kepada diri kita sebagai umat apa yang sudah saya lakukan atau korbankan untuk Rasulullah saw? semoga catatan ini senantiasa mengingatkan kita kepada Rasulullah saw dan menambah ingatan kita untuk selalu berpanutan kepada Rasulullah saw sebagai sur tauladan kita dengan Hidayah-Nya senantiasa menjaga keimanan kita. Amin.


Blog, Updated at: 8:12:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Flag Counter
“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

FOLLOW DAPATKAN UPDATE

Download Lainnya

close