Find us Here

Model Problem Based Learning (PBL)

"Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran". (Ansharullah, 2006). 
Berdasarkan pernyataan tersebut, pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pengembangan kurikulum dan sistem pengantar yang memperkenalkan kebutuhan untuk memecahkan masalah yang sangat baik untuk membantu siswa dalam mengembangkan keahliannya.


Menurut Barraous dan Kelson dalam (Ansharullah, 2006). pembelajaran berbasis masalah atau selanjutnya disebut dengan Problem Based Learning adalah : Problem Based Learning a curriculum and a process, the curriculum cinsist of carefully selected and designed problem than demand alquisition of critical knowledge. Problem solving profilciency self, directed learning strategis and team participation skill, the process replicates the commonly used syslemic approach to resaving problem or meating challed that are encountered in life and carrier.

Dari keterangan tersebut pembelajaran berbasis masalah merupakan rencana pembelajaran dan proses pembelajaran. Rencana pembelajaran terdiri dari pengetahuan pilihan dan bentuk masalah yang diperoleh dari pengetahuan kritis siswa, kemampuan memecahkan masalah dan strategi dari masing-masing siswa dan kelompok (Nurhadi, 2003).

Sumber: 
Ansharullah, A. 2006. Problem Based Learning Best Practices Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Makalah disajikan dalam Workshop on teaching Grant-PSDPLP3. Jawa Timur: Unibraw.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Surabaya: Umpress.


Blog, Updated at: 3:55:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Flag Counter
“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

FOLLOW DAPATKAN UPDATE

Download Lainnya

close