"Belajar Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran". (Ansharullah, 2006).
Berdasarkan pernyataan tersebut, pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pengembangan kurikulum dan sistem pengantar yang memperkenalkan kebutuhan untuk memecahkan masalah yang sangat baik untuk membantu siswa dalam mengembangkan keahliannya.
Menurut Barraous dan Kelson dalam (Ansharullah, 2006). pembelajaran berbasis masalah atau selanjutnya disebut dengan Problem Based Learning adalah : Problem Based Learning a curriculum and a process, the curriculum cinsist of carefully selected and designed problem than demand alquisition of critical knowledge. Problem solving profilciency self, directed learning strategis and team participation skill, the process replicates the commonly used syslemic approach to resaving problem or meating challed that are encountered in life and carrier.
Sumber:
Ansharullah, A. 2006. Problem Based Learning Best Practices Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Makalah disajikan dalam Workshop on teaching Grant-PSDPLP3. Jawa Timur: Unibraw.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Surabaya: Umpress.
0 komentar:
Post a Comment