Find us Here

Download Perangkat Pembelajaran k-13 Fisika kelas X, XII & XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : SMA ...
Mata Pelajaran                       : Fisika
Kelas/Semester                      : X / Ganjil
Materi Pokok                         : Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
Alokasi Waktu                       : 2 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1     Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
·       Mengamati tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·       Mengamati tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
·       Mengamati tentang prosedur ilmiah,
·       Mengamati tentang keselamatan kerja di laboratorium
·       Mengamati tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
·       Mendiskusikantentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·       Mendiskusikan tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
·       Mendiskusikan tentangprosedur ilmiah
·       Mendiskusikan tentangkeselamatan kerja di laboratorium
·       Mendiskusikan tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
·       MenyimpulkantentangfenomenaFisikadalamkehidupansehari-hari
·       Menyimpulkan tentang ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain
·       Menyimpulkan tentang prosedur ilmiah
·       Menyimpulkan tentang keselamatan kerja di laboratorium
·       Menyimpulkantentangprosedurilmiahdalamhubungannyadengankeselamatankerja di laboratorium
4.1     Membuat prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
·       MempresentasikantentangpemanfaatanFisikadalamkehidupansehari-hari, metodeilmiahdankeselamatankerjaketikamelakukankegiatanpengukuranbesaran Fisika

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengamati tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengamati tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
·         Mengamati tentang prosedur ilmiah,
·         Mengamati tentang keselamatan kerja di laboratorium
·         Mengamati tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
·         Mendiskusikantentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
·         Mendiskusikan tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain









Terima kasih, Semoga Bermanfaat !


Blog, Updated at: 3:57:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Flag Counter
“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

FOLLOW DAPATKAN UPDATE

Download Lainnya

close